Home Desa Karanglayung

Desa Karanglayung

49
SHARE

Sebuah desa yang berada di Kecamatan Conggeang. Letaknya di sebelah utara wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu. Desa Karanglayung tergolong pedesaan dengan klasifikasi desa swakarsa. Jaraknya dari ibu kota kecamatan sekitar 3,5 km.

Secara topografi, wilayah Desa Karanglayung memiliki bentuk bentang permukaan berupa lembah dengan ketinggian 304 meter di atas permukaan laut. Menurut data BPS tentang Pendataan Potensi Desa 2014, luas wilayah Desa Karanglayung sebesar 12,20 km persegi. Merupakan desa dengan wilayah paling luas di Kecamatan Conggeang. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan, yaitu lahan berupa pesawahan seluas 3,96 km persegi (3.91 km persegi pesawahan dengan irigasi dan 0,05 km persegi pesawahan non irigasi), lahan pertanian bukan pesawahan (pertanian lahan kering) seluas 6,59 km persegi dan lahan yang digunakan bukan untuk pertanian seluas 1,65 km persegi.

Secara administratif, wilayah Desa Karanglayung dikelilingi oleh wilayah-wilayah berikut: Kabupaten Indramayu di sebelah utara, Desa Cibubuan di sebelah barat, Desa Sekarwangi Kecamatan Buahdua dan Desa Conggeang Kulon di sebelah selatan serta Desa Ungkal dan Desa Cacaban di sebelah timurnya.

Berdasarkan data Registrasi Penduduk Kecamatan Conggeang tahun 2013, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Karanglayung sebanyak 3.493 orang. Rinciannya adalah sebagai berikut, jumlah penduduk dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 1.733 orang ditambah penduduk perempuannya sebanyak 1.760 orang. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.703 KK. Kepadatan penduduk Desa Karanglayung sebesar 286 orang untuk setiap km persegi wilayah desa.

Melihat peruntukan wilayah yang sebagian besar sebagai lahan pertanian, penduduk Desa Karanglayung bergerak di bidang pertanian. Mata pencaharian penduduk Desa Karanglayung sebagian besar sebagai petani yang menggarap sawah dan perkebunan (ladang).