Home Desa Conggeang Kulon

Desa Conggeang Kulon

33
SHARE

Desa Conggeang Kulon merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Conggeang. Lokasinya berada di dekat ibu kota Kecamatan Conggeang. Desa ini merupakan pemekaran dari Desa Conggeang yang dimekarkan menjadi Desa Conggeang Kulon, Desa Conggeang Wetan dan Desa Ungkal pada tahun 1980. Desa Conggeang Kulon termasuk desa dengan status perkotaan dan klasifikasinya sebagai desa swakarsa.

Secara geografis dan administrasi, Desa Conggeang Kulon berbatasan langsung dengan Desa Karanglayung di sebelah utara, Desa Sekarwangi Kecamatan Buahdua di sebelah barat, Desa Narimbang di sebelah selatan dan Desa Conggeang Wetan di sebelah timurnya. Secara topografi, bentang permukaan wilayah Desa Conggeang Kulon berupa dataran dengan ketinggian sekitar 359 meter di atas permukaan laut. Luas wilayah Desa Conggeang Kulon sebesar 4,1 km persegi. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa fungsi sebagai berikut: lahan pesawahan baik pesawahan dengan irigasi maupun bukan irigasi seluas 1,97 km persegi, luas lahan pertanian kering (bukan pesawahan) sebesar 1,82 km persegi dan lahan bukan pertanian seluas 0,31 km persegi.

Berdasarkan data Registrasi Penduduk Kecamatan Conggeang tahun 2013, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Conggeang Kulon sebanyak 3.353 jiwa dengan rincian sebanyak 1.576 orang laki-laki ditambah 1.777 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.206 KK dengan kepadatan penduduk 818 jiwa untuk tiap km persegi wilayah Desa Conggeang Kulon.

Sektor perekonomian Desa Conggeang Kulon, sebagian besar penduduk Desa Conggeang Kulon bermata pencaharian dari di bidang pertanian (tanaman pangan, tanaman buah-buahan dan perkebunan), kehutanan, peternakan dan perikanan. Pertanian khususnya pesawahan menghasilkan padi serta palawija. Peternakan yang dibudidayakan masyarakat Desa Conggeang Kulon diantaranya sapi, kerbau, ayam kampung, bebek, kambing dan domba. Sementara usaha perikanan menghasilkan ikan mas, ikan mujair, dan ikan lele.