Home Desa Cipamekar

Desa Cipamekar

17
SHARE

Sebuah desa yang berada di Kecamatan Conggeang yang lokasinya berada di bagian selatan wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Paseh. Status Desa Cipamekar merupakan pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Jarak dengan ibu kota kecamatan sekitar 6 km.

Secara administrasi, Desa Cipamekar dikelilingi oleh wilayah Desa Cibeureuyeuh di sebelah utara, Desa Padaasih di sebelah timur, Desa Bongkok Kecamatan Paseh di sebelah selatan serta Desa Jambu dan Desa Narimbang di sebelah barat. Secara topografi, wilayah Desa Cipamekar memiliki ketinggian sekitar 561 meter di atas permukaan laut. Sementara bentuk bentang wilayahnya berupa dataran. Luas wilayah Desa Cipamekar, berdasarkan data BPS tentang Pendataan Potensi Desa 2014, sebesar 4,2 km persegi. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan yaitu lahan pesawahan sebesar 1,79 km persegi, lahan pertanian bukan pesawahan seluas 1,88 km persegi, dan lahan bukan pertanian seperti perumahan penduduk dan lahan lainnya seluas 0,53 km persegi.

Berdasarkan data Registrasi Penduduk Kecamatan Conggeang tahun 2013, jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Cipamekar sebanyak 3.859 jiwa dengan rincian 1.957 orang laki-laki dan 1.902 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.389 KK dengan kepadatan penduduk 919 orang untuk tiap km persegi wilayah desa.

Mata pencaharian penduduk Desa Cipamekar sebagian besar sebagai petani baik sebagai petani penggarap (buruh tani) maupun petani yang menggarap lahan sendiri. Lahan pertanian yang paling banyak berbentuk pesawahan yang menghasilkan produk padi. Selain berbentuk pesawahan ada juga yang berbentuk perkebunan. Perkebunan utama penduduk Desa Cipamekar adalah perkebunan salak.

Seni budaya yang berkembang di Desa Cipamekar adalah Tari Jaipong dan seni Kuda Renggong. Potensi wisata yang ada di wilayah Desa Cipamekar salah satunya adalah Mata Air Sirah Cipelang.