Home Desa Cibeureuyeuh

Desa Cibeureuyeuh

20
SHARE

Sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Conggeang. Lokasi berada di sebelah selatan ibu kota Kecamatan Conggeang dengan jarak sekitar 1,5 km. Berdasarkan statusnya, Desa Cibeureuyeuh merupakan desa yang memiliki status perkotaan dengan klasifikasi desa swakarsa.

Secara topografi, wilayah Desa Cibeureuyeuh memiliki bentang permukaan wilayah berupa lereng dengan ketinggian wilayahnya sekitar 424 meter di atas permukaan laut. Dan secara administrasi, wilayah Desa Cibeureuyeuh dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Conggeang Wetan di sebelah utara, Desa Conggeang Kulon dan Desa Narimbang di sebelah barat, Desa Cipamekar di sebelah selatan, serta Desa Padaasih di sebelah timur.

Berkaitan dengan luas wilayah, berdasarkan data BPS tentang Pendataan Potensi Desa tahun 2014, Desa Cibeureuyeuh memiliki luas wilayah sebesar 2 km persegi. Luas wilayah desa tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan, yaitu lahan pertanian berupa lahan basah atau pesawahan seluas 1,37 km persegi, lahan pertanian kering atau bukan sawah 0,31 km persegi dan luas lahan bukan pertanian seluas 0,32 km persegi.

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Desa Cibeureuyeuh berdasarkan data Registrasi Penduduk Kecamatan Conggeang tahun 2013 sebanyak 1.291 orang. Rinciannya adalah sebanyak 637 orang laki-laki ditambah 654 orang perempuan. Jumlah kepala keluarga 468 KK dengan kepadatan penduduk 646 orang untuk tiap km persegi wilayah Desa Cibeureuyeuh.

Melihat perbandingan luas wilayah secara keseluruhan dengan luas pemanfaatan sebagai lahan pertanian dapat dikatakan bahwa sebagian besar masyarakat Desa Cibeureuyeuh memiliki mata pencaharian sebagai petani. Sektor pertanian menjadi penopang perekonomian yang utama bagi masyarakat Desa Cibeureuyeuh. Selain sektor pertanian, Desa Cibeureuyeuh memiliki potensi-potensi lain seperti sektor peternakan dan industri rumah tangga. Hasil utama sektor pertanian adalah padi yang dihasilkan lahan pesawahan. Selain padi, lahan pertanian juga digunakan untuk menanam bawang. Sementara sektor peternakan yang ada di Desa Cibeureuyeuh ada dua jenis yaitu peternakan sapi dan peternakan ayam.

Sektor industri rumah tangga yang ada di Desa Cibeureuyeuh, terbagi menjadi dua yaitu sektor makanan dan kerajinan. Industri makanan masyarakat Desa Cibeureuyeuh menghasilkan produk utama berupa keripik singkong dan keripik pisang. Sementara bidang kerajinan menghasilkan produk keranjinan tangan berupa kantong koja. Kantong koja ini terbuat dari benang dan dalam proses pewarnaan pengrajin menggunakan kayu pohon salam. Selain kantong koja, pengrajin biasa membuat kipas (hihid), bakul (boboko), dan tampah yang semuanya berbahan dasar bambu.

Seni budaya yang berkembang di Desa Cibeureuyeuh salah satunya adalah kesenian khas bernama Kuda Renggong. Sebagai seni pertunjukan rakyat yang berbentuk seni helaran (pawai, karnaval), perkembangan kuda Renggong dilihat dari pilihan bentuk kudanya yang tegap dan kuat, asesoris kuda dan perlengkapan musik pengiring, para penari, dan semakin hari semakin semarak dengan pelbagai kreasi para senimannya. Hal ini tercatat dalam setiap festival Kuda Renggong yang diadakan setiap tahunnya. Kuda Renggong kini telah menjadi komoditi pariwisata yang dikenal secara nasional dan internasional. Dalam pertunjukannya, Kuda Renggong terbagi menjadi dua kategori, yaitu Kuda Renggong Desa dan Kuda Renggong Festival.